Sejarah Kecamatan Manyeuw

sejarah kecamatan

Kecamatan Manyeuw merupakan kecamatan pemekaran dari kecamatan induk Kei Kecil yang dibentuk berdasarkan Perda Nomor  07 Tahun 2012 tentang Pembentukan Kecamatan Manyeuw yang berkedudukan di Ohoi Rumadian. Dalam masa pertumbuhan tersebut perlu terus diperhatikan, selalu didorong dan dibina dengan baik oleh Pemerintah khususnya Pemda melalui Pemerintah Kecamatan sebagai salah satu asset daerah yang memiliki daya saing untuk mendukung perkembangan Kab. Maluku Tenggara ke depan. Dimana penyelenggaraan pemerintahan baru berjalan terhitung sejak pelantikan perangkat Kecamatan pada tanggal 31 Mei 2014, dan membawahi 9 desa, yang sebagian besar wilayah terletak di pesisir pantai barat dengan jumlah penduduk sebesar 6.757 Jiwa dan terdiri 3.395 Laki-laki dan 3.362 Perempuan, yang mata pencaharian penduduk sebagian besar adalah nelayan, petani, wiraswasta dan PNS.  
Kecamatan Manyeuw memiliki kekayaan potensi wilayah yang sangat menonjol yakni Potensi Pariwisata, Perikanan, Pertanian dan Peternakan  bila dibandingkan kecamatan lain dalam wilayah kabupaten Maluku tenggara dan tidak kalah bersaing dengan daerah lain, serta sudah ditetapkan sebagai kawasan strategis RTRW Kabupaten Maluku Tenggara.

PAPAN INFORMASI

  • Disampaikan kepada seluruh masyarakat ohoi/desa dalam wilayah kecamatan manyeuw untuk pengurusan surat menyurat silahkan melihat persyaratan di Menu PELAYANAN